Mengukur Koefisien Gesek Statis Permukaan Menggunakan HP Android


Pada posting kali ini, saya mau berbagi bagaimana memanfaatkan HP Android Anda untuk mengukur koefisien geseks statis antara permukaan dan benda. Dalam Eksperimen ini, kamu akan membutuhkan :
1. HP Android
2. Permukaan kasar (bisa menggunakan meja belajar)
3. Benda berbentuk kotak (penghapus papan tulis)
4. Kalkulator scientific

Dari rumus Fisika, koefisien gesek statis pada bidang miring ditentukan dengan persamaan

μs = tanθ

Dalam model eksperimen lama, kita membutuhkan busur derajat untuk mengukur sudut antara permukaan horizontal dan bidang miring. Untuk memperoleh hasil yang akurat, kita harus meletakkan busur derajat pada sumbu utama dari sistem. Ide dasar dari eksperimen ini adalah mengganti busur derajat nyata dengan aplikasi busur derajat yang ada di HP Android.

Langkah 1

Download dan Install aplikasi busur derajat pada HP Android Anda. Download aja busur derajat gratis di https://play.google.com/stored dan ketik “protractor” pada bar pencarian. Pilihlah busur derajat yang kamu inginkan.

Langkah 2

Letakkan HP Android pada posisi tegak di atas permukaan. Letakkan benda pada ujung permukaan.

 

Langkah 3

Tekan tombol kalibrasi pada aplikasi busur derajat agar busur derajat menunjukkan angka nol pada permukaan horizontal (posisi awal). Hal ini penting untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Langkah 4

Miringkan permukaan sedikit demi sedikit dan lihatlah perubahan sudut pada aplikasi busur. Tunggu hingga benda mulai meluncur dan catat nilai yang tertera pada busur.

 

Langkah 5

Jika kamu menemui kesulitan dalam membaca nilai yang tertera pada aplikasi, gunakan mode “LOCK” yang mungkin ada pada beberapa aplikasi busur derajat.

Langkah 6

Gunakan kalkulator scientific untuk menentukan koefisien gesek statis. Pastikan kalkulator menunjukkan mode “deg” saat menghitung.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat game flash matematika sederhana / how to make a simple math flash game

Action Script Dasar Menggerakkan Objek dalam Flash / Kinematika Gerak dalam Flash

Pembahasan Soal OSK Fisika SMA 2014 (No 2)