Skip to main content

Mengubah format gambar JPG ke PNG / Convert from JPG to PNG/ convert background to transparent

Dalam membuat sebuah media dengan flash, terkadang kita memerlukan adanya gambar yang kita ambil sendiri dari komputer kita untuk diimport ke dalam area kerja flash, namun terkadang terdapat beberapa format gambar seperti jpg yang memiliki latar belakang (background) yang tidak kita inginkan, maksudnya kita hanya ingin mengambil gambar utamanya tanpa mengikutsertakan backgroundnya. Perhatikan gambar di bawah ini.



Pada gambar tersebut, kita menginginkan pola gambar stop yang diwakili oleh warna merah, sedangkan backgroundnya diwakili warna abu-abu ingin kita hilangkan. Perhatikan langkah-langkah berikut:

Langkah 1

Buka folder dimana gambar Anda tersimpan, anda juga dapat mengcopy gambar ini sebagai latihan. Pastikan di komputer Anda telah terinstal program Adobe Photoshop (versi berapapun). Buka gambar tersebut dalam photoshp (klik kanan pilih open with Adobe photoshop).

Langkah 2

Setelah berada di areal kerja photoshop, periksa ukuran gambar (menu image --> image size), untuk contoh gambar di atas, ukurannya adalah 180 x 172 pixels. Hapalkan nilai ini.

Langkah 3

Buka file baru (Ctrl + N), ubah ukuran gambar yang tertera dengan angka yang telah kita hapalkan (180 x 172) dan ubah Background contents menjadi transparent lalu klik OK.

Langkah 4

Sekarang Anda mempunyai 2 area kerja, area yang pertama adalah gambar stop sedangkan area kedua adalah area kosong transparant (terlihat dengan kotak hitam dan putih). Klik area gambar stop, seleksi area gambar background yang berwarna abu-abu dengan cara klik Magic Wand Tool (W) dan klik salah satu gambar background abu-abu. Karena area gambar background terbagi 3, maka tekan tombol Shift sambil mengklik area yang berbeda, anda juga dapat menggunakan menu Select --> similiar.

Langkah 5

Balik seleksi, pilih menu Select --> invers atau menekan tombol Ctrl + Shit + I. Sekarang terlhat bahwa yang terseleksi adalah gambar stop berwarna merah. Klik move tool (V) dan drag gambar stop dari area kerja gambar stop ke area gambar transparant.


Langkah 6

Di areal kerja yang baru, save as gambar ini dengan format PNG, caranya pilih menu file - save as (Shit + Ctrl + S) dan ubah format menjadi PNG, save dan OK.

Comments

  1. Nice, I'm learning Photoshop so resources & Article is more need.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih

    Thank You

    ReplyDelete
  3. sangat membantu...thank you!!!!

    ReplyDelete
  4. thanksssssssssss so much. akhirnya ketemu cara nya dan bnr2 sederhana cara. makasih bgt ya.

    ReplyDelete
  5. trm bos aq lagi ada garapan PNG nih jadi tahu dehh. trm bgt ya

    ReplyDelete
  6. trm bos aq lagi ada garapan PNG nih jadi tahu dehh. trm bgt ya

    ReplyDelete
  7. gmna sih cranya yg langkah 4 k bwah kok gw gk berhasil

    ReplyDelete
  8. wah, makasih mas bro. sangat membantu

    ReplyDelete
  9. Mo nanya bos, saat drag ke tempat baru gimana untuk mendapatkan posisi yg tepat seperti aslinya ?

    ReplyDelete
  10. Nice blog, jangan lupa kunjungi blog saya www.ankurniawan.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Makasih nih informasinya sangat berguna sekali gan...

    ReplyDelete
  12. sipppp gan ketemu juga ne jurusnya lumayan besok buat print kaos langsung ke tkp gan

    ReplyDelete
  13. thanks gan, informasinya sangat berguna :)

    ReplyDelete
  14. Masih Belum bisa, udh di save as tp tulisannya File blablabla Because blablablabla

    Susaaah-,-"

    ReplyDelete
  15. thankyou bangeettt!!

    ReplyDelete
  16. kalau pakai paint juga bisa kan min?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat game flash matematika sederhana / how to make a simple math flash game

Action Script Dasar Menggerakkan Objek dalam Flash / Kinematika Gerak dalam Flash

Tutorial ini akan menjelaskan kepada Anda pembaca bagaimana menggerakkan sebuah objek berupa movie clip dengan mempertimbangkan beberapa aspek, tutorial ini dapat dijadikan panduan bagi Anda yang ingin membuat sebuah media interaktif yang didalamnya terdapat objek yang harus digerakkan dengan keyboard atau bagi anda yang ingin membuat game balap atau game arcade.Dalam tutorial ini, saya menggunakan AS 2.0. Sebenarnya tidak mudah menggerakkan suatu objek dalam flash, karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti kecepatan, hambatan, gravitasi dan lain-lain. Kita akan memulainya sedikit demi sedikit.

Untuk Persiapan, buak sebuah file baru di AS 2.0 dengan ukuran kira-kira 500 x 350 pixel atau lebih. Buatlah sebuah movie clip bola sederhana, di dalam movie clip bola tersebut terdapat sebuah tanda berupa lingkaran kecil diatasnya yang berguna sebagai penunjuk arah. Lalu beri nama instance name mc bola dengan nama "bola".Kemudian buatlah sebuah tombol reset, letakkan tom…

Membuat Simulasi Gerak Parabola dengan Flash

Gerak parabola adalah gerakan sebuah benda yang berada di udara dengan lintasan parabola yang memiliki komponen kecepatan dengan arah horizontal dan percepatan pada arah sumbu y sama dengan percepatan gravitasi. Di dalam flash anda bisa membuat simulasi tersebut. Perhatikan langkah-langkah berikut:

step 1 : buat stage dengan ukuran 800x400, di kasih deh background spy lbh cantik, trus kunci layernya, and buat layer kedua
step 2 : buat bola ukuran 15 x 15, convert to movie clip, and jgn lupa titik registrasinya harus di tengah,kasih nama instance name misal bola.
step 3: klik mc bola ,masukkan kode berikut:

onClipEvent (load) { fire = 0; var Vo = _root.ubah_Vo.level; t = 0; g = 9.8; var Xo = 50; var Yo = 277; var sudut = _root.ubah_sudut.level; alpha = sudut-90; radian = alpha*3.14/180;}onClipEvent (enterFrame) { if (fire == 0) { var Vo = _root.ubah_Vo.level; _x = Xo; _y = Yo; var sudut = _root.ubah_sudut.level; alpha = sudut…