Action Script Dasar Menggerakkan Objek dalam Flash / Kinematika Gerak dalam Flash
Tutorial ini akan menjelaskan kepada Anda pembaca bagaimana menggerakkan sebuah objek berupa movie clip dengan mempertimbangkan beberapa aspek, tutorial ini dapat dijadikan panduan bagi Anda yang ingin membuat sebuah media interaktif yang didalamnya terdapat objek yang harus digerakkan dengan keyboard atau bagi anda yang ingin membuat game balap atau game arcade.Dalam tutorial ini, saya menggunakan AS 2.0. Sebenarnya tidak mudah menggerakkan suatu objek dalam flash, karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti kecepatan, hambatan, gravitasi dan lain-lain. Kita akan memulainya sedikit demi sedikit.
Untuk Persiapan, buak sebuah file baru di AS 2.0 dengan ukuran kira-kira 500 x 350 pixel atau lebih. Buatlah sebuah movie clip bola sederhana, di dalam movie clip bola tersebut terdapat sebuah tanda berupa lingkaran kecil diatasnya yang berguna sebagai penunjuk arah. Lalu beri nama instance name mc bola dengan nama "bola".Kemudian buatlah sebuah tombol reset, letakkan tombol ini di sudut kanan bawah kemudian beri Action script pada tombol
on (release) {
_root.bola._x = 231;
_root.bola._y = 20;
}
Sekarang kita akan mencoba menggerakkan mc bola secara bertahap mulai dari hal yang paling dasar, semua Action script berikut ditulis di dalam mc bola.
GERAKAN DASAR
Gerakan dasar yang dimaksud yaitu menggerakkan mc bola dengan keyboard tanpa mempertimbangkan faktor lain, jadi hanya sekedar merubah posisi x dan y dari mc bola sebesar 1 pixel unit, berikut kodenya:
onClipEvent (enterFrame) {
if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
_x--;
}
if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
_x++;
}
if (Key.isDown(Key.UP)) {
_y--;
}
if (Key.isDown(Key.DOWN)) {
_y++;
}
}
mantap bos, terima kasih atas ilmu2 nya, salam kenal..
ReplyDeletenambah elmu saya euei...., matur nuwun kakak
ReplyDeletemakin banyakin tutorialnya yah...
sippppppp
ReplyDeletemana ga lengkap gan ,tutor penmpatanya,sama kita harus buat apa dan brpa layer,masa script doang .
ReplyDeletemohon pncrhanya
@aldi.. cukup kamu buat sebuah mvclip.. layer sembarang..frame 1 aja kasih instance name "bola". nah masukkan script di atas..PADA LAYER SEMBARANG.. mw buat layer baru atau tindis layer hasilnya sama aja..
ReplyDeleteKerennnnnn...
ReplyDeletethanks, nambah ilmu nih :)
ReplyDeletemas mau tanya nih.. kalo seumpama pada layer 1 ada bentuk kotak,
ReplyDeletenah di 'layer 2' ada dua tombol, kanan dan kiri. jika di tekan tombol kanan, maka kotak pada layer satu akan pindah posisi ke kanan. cara nya gmna mas?
..
kirim ke email saya ya mas (andrias.adinata@gmail.com)! terima kasih.