Skip to main content

Membuat Media Interaktif Grafik Persamaan Kuadrat y = Ax^2 +Bx + C

Tutorial kali ini berhubungan dengan pokok bahasan matematika yaitu Membuat Grafik Persamaan Kuadrat dalam Flash, Anda dapat menggunakan software Macromedia Flash atau Adobe Flash CS3 (pilih AS 2.0).

Media interaktif yang akan kita peroleh berupa adanya input 3 variabel nilai pada persamaan kuadrat umum y = Ax^2 + Bx + C yaitu variabel A, B, dan C, ketika sembarang nilai Real dimasukkan maka secara otomatis akan terbentuk grafik persamaan kuadrat yang sesuai dengan input variabel. Di bawah ini merupakan hasil yang akan kita peroleh, masukkan sembarang angka pada kotak berwarna putih, kemudian tekan tombol grafik untuk melihat hasilnya.



Langkah 1
Buka sebuah file baru dan ubah ukurannya menjadi 600 x 500 pixel dengan background abu-abu. Kamudian buatlah sebuah garis vertikal tebal (3) lurus berwarna hitam, ubah nilai height dari garis menjadi 500 dan tempatkan posisi x = 300. Buat lagi sebuah garis vertikal yang lebih tipis tebal (0.5) atau lebih tipis lagi, atur posisi garis ini dengan jarak 20 pixel dari garis utama yang tebal, kemudian copy paste garis ini dan letakkan lagi pada jarak 20 pixel dari garis sebelumnya dan ulangi sampai halam penuh. Seleksi semua garis ini kemudian tekan tombol Ctrl + G, copy group garis ini dan paste, hasil paste dari grup garis ini kemudia diputar 90 derajat, caranya pilih grup garis hasil paste kemudian pilih menu modify-transform-rotate 90 CW. Ubah nilai width grup garis baru ini menjadi 600 dan height = 500, letakkan pada posisi center terhadap stage. Hasilnya dapat anda lihat pada gambar.




Langkah 2
Buat layer baru, kunci layer lama, beri angka pada setiap grid koordinat, pada contoh saya menggunakan rentang 2 angka.

Langkah 3
Buat layer baru dan kunci layer dibawahnya, buat sebuah kotak abu-abu sebagai dasar text,
Kemudian buatlah text yang tertera seperti pada contoh, kombinasikan antara static text dan input text, input text yang pertama, beri nama variablenya dengan "A", input text kedua "B" dan input text ketiga "C".

Langkah 4
Buat sebuah tombol grafik dan letakkan di samping kotak tadi. klik tombol tersebut dan tekan tombol F9, masukkan kode untuk tombol:

on (release) {
_root.lukis = true;
}



Langkah 5
Buatlah sebuah layer baru untuk layer action, klik frame 1 layer action dan masukkan kode berikut:

lukis = true;
//mengeset nilai awal
A = 1;
B = 0;
C = 0;
i = 0;
// titik pusat koordinat
center_x = 300;
center_y = 250;
fb = 20;
//jarak antar titik koordinat
onEnterFrame = function () {
if (lukis) {
with (_root) {
clear();
//fungsi membuat garis
a = Number(A);
b = Number(B);
c = Number(C);
koorx = (i-center_x)/fb;
y = a*Math.pow(koorx, 2)+b*koorx+c;
//
koory = center_y-y*fb;
//menentukan tipe garis (ketebalan, warna, transparansi)
lineStyle(2, 16711680, 100);
//fungsi yang membentuk persamaan garis
moveTo(i, koory);
for (i=1; i<=1000; i++) {
koorx = (i-center_x)/fb;
y = a*Math.pow(koorx, 2)+b*koorx+c;
koory = center_y-y*fb;
lineTo(i, koory);
}
lukis = false;
i = 0;
}
}
};
stop();
with (_root) {
clear();
}

Lakukan test movie untuk melihat hasil

Comments

  1. dicoba kok ga bisa yaa??
    *baru belajar..* he''
    mohon bantuannyaa.. ^_^

    ReplyDelete
  2. help me pliiiiiiissss... :(

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pembahasan Soal OSK Fisika SMA 2014 (No 2)

Tulisan ini merupakan lanjutan dari Pembahasan Soal OSK Fisika 2014 No 1,berikut cuplikan soal OSK Fisika 2014 No. 2
Menurut penilaian saya, walaupun soal ini hanya berbicara tentang kinematika gerak lurus, namun soal ini memerlukan ketelitian yang tinggi dalam mengerjakannya. Selain pengetahuan tentang kinematika yang baik, Anda juga harus memiliki kemampuan dalam menyelesaikan persamaan kuadrat, eliminasi atau subtitusi dan tehnik menggambar grafik dengan benar.
Bagian a
"Tentukan Persamaan jarak tempuh A dan B sebagai fungsi waktu"
Solusi :
Dari grafik tampak bahwa mobil A bergerak dipercepat, sedangkan mobil B bergerak konstan. Besarnya percepatan mobil A adalah

Persamaan kecepatan mobil A adalah

Persamaan jarak tempuh mobil A adalah

Dimana Xo merupakan posisi awal mobil A.
Mobil B bergerak konstan, sehingga

Persamaan kecepatan mobil B adalah

Persamaan jarak tempuh mobil B adalah

Dimana Xo merupakan posisi awal mobil B yang memiliki nilai yang sama dengan mobil A.

Bagia…

Action Script Dasar Menggerakkan Objek dalam Flash / Kinematika Gerak dalam Flash

Tutorial ini akan menjelaskan kepada Anda pembaca bagaimana menggerakkan sebuah objek berupa movie clip dengan mempertimbangkan beberapa aspek, tutorial ini dapat dijadikan panduan bagi Anda yang ingin membuat sebuah media interaktif yang didalamnya terdapat objek yang harus digerakkan dengan keyboard atau bagi anda yang ingin membuat game balap atau game arcade.Dalam tutorial ini, saya menggunakan AS 2.0. Sebenarnya tidak mudah menggerakkan suatu objek dalam flash, karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti kecepatan, hambatan, gravitasi dan lain-lain. Kita akan memulainya sedikit demi sedikit.

Untuk Persiapan, buak sebuah file baru di AS 2.0 dengan ukuran kira-kira 500 x 350 pixel atau lebih. Buatlah sebuah movie clip bola sederhana, di dalam movie clip bola tersebut terdapat sebuah tanda berupa lingkaran kecil diatasnya yang berguna sebagai penunjuk arah. Lalu beri nama instance name mc bola dengan nama "bola".Kemudian buatlah sebuah tombol reset, letakkan tom…

Membuat game flash matematika sederhana / how to make a simple math flash game