Skip to main content

Posts

Showing posts from June, 2009

Membuat Simulasi Perbandingan Sebuah Rumus

Jika Anda adalah seorang pengajar sains atau matematika, mungkin Anda pernah mengalami kesulitan bagaimana memahamkan kepada siswa perbandingan variabel sebuah rumus, maksudnya, bagaimana menyatakan berbanding lurus atau berbanding terbalik masing-masing variabel dalam sebuas rumuh. Akhirnya saya menemukan sebuah semulasi sederhana yang berasal dari Phet Colorado bagaimana mereka meracik sebuah simulasi sederhana, namun dengan simulasi tersebut, seorang siswa yang awalnya kesulitan memahami makna sebuah rumus, menjadi paham.

Pada tutorial kali ini saya akan mengajarkan kepada Anda bagaimana membuat simulasi hubungan antar rumus dengan cara membesarkan atau mengecilkan salah satu variabel, sehingga variabel yang lain ikut bergantung. Contoh yang saya gunakan dalam tutorial ini adalah hukum Ohm yang berbunyi " Besarnya kuat arus yang mengalir dalam sebuah rangkaian berbanding lurus dengan tegangan dan berbanding terbalik dengan hambatan dalam tegangan. Perhaitkan simulasi di bawah …

Membuat Media Interaktif Grafik Persamaan Kuadrat y = Ax^2 +Bx + C

Tutorial kali ini berhubungan dengan pokok bahasan matematika yaitu Membuat Grafik Persamaan Kuadrat dalam Flash, Anda dapat menggunakan software Macromedia Flash atau Adobe Flash CS3 (pilih AS 2.0).

Media interaktif yang akan kita peroleh berupa adanya input 3 variabel nilai pada persamaan kuadrat umum y = Ax^2 + Bx + C yaitu variabel A, B, dan C, ketika sembarang nilai Real dimasukkan maka secara otomatis akan terbentuk grafik persamaan kuadrat yang sesuai dengan input variabel. Di bawah ini merupakan hasil yang akan kita peroleh, masukkan sembarang angka pada kotak berwarna putih, kemudian tekan tombol grafik untuk melihat hasilnya.



Langkah 1
Buka sebuah file baru dan ubah ukurannya menjadi 600 x 500 pixel dengan background abu-abu. Kamudian buatlah sebuah garis vertikal tebal (3) lurus berwarna hitam, ubah nilai height dari garis menjadi 500 dan tempatkan posisi x = 300. Buat lagi sebuah garis vertikal yang lebih tipis tebal (0.5) atau lebih tipis lagi, atur posisi garis ini dengan…

Membuat Animasi tumbukan lenting sempurna partikel gas (teori kinetik gas)

Pada tutorial kali ini, akan saya jelaskan secara singkat bagaimana cara membuat animasi tumbukan lenting sempurna partikel yang berjumlah banyak dengan asumsi partikel mengalami tumbukan lenting sempurna. Teori tumbukan lenting sempurna ini mendukung teori kinetik gas yaitu keadaan partikel dalam gas yang diasumsikan mengalami tumbukan lenting sempurna. pada tutorial kali ini saya menggunakan AS 2.0.



Langkah 1
Buka sebuah file baru berukuran 500 x 400, Selanjutnya berilah warna pada backgroundnya dengan warna cerah.

Langkah 2
Buatlah sebuah movie clip kosong, caranya dari stage yang masih kosong, tekan tombol Ctrl + F8, pilih movieclip dan beri nama "kosong", sekarang lihat ke library, klik kanan mc kosong dan pilih linkage, kemudian isikan "kosong" pada identifier.

Langkah 3
Buatlah sebuah bola berwarna gelap berukuran 20 x 20 (lihat property, height = 20, width = 20), kemudian convert bola ini ke dalam movie clip dan beri nama "partikel", hapus mc partike…

Action Script Dasar Menggerakkan Objek dalam Flash / Kinematika Gerak dalam Flash

Tutorial ini akan menjelaskan kepada Anda pembaca bagaimana menggerakkan sebuah objek berupa movie clip dengan mempertimbangkan beberapa aspek, tutorial ini dapat dijadikan panduan bagi Anda yang ingin membuat sebuah media interaktif yang didalamnya terdapat objek yang harus digerakkan dengan keyboard atau bagi anda yang ingin membuat game balap atau game arcade.Dalam tutorial ini, saya menggunakan AS 2.0. Sebenarnya tidak mudah menggerakkan suatu objek dalam flash, karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti kecepatan, hambatan, gravitasi dan lain-lain. Kita akan memulainya sedikit demi sedikit.

Untuk Persiapan, buak sebuah file baru di AS 2.0 dengan ukuran kira-kira 500 x 350 pixel atau lebih. Buatlah sebuah movie clip bola sederhana, di dalam movie clip bola tersebut terdapat sebuah tanda berupa lingkaran kecil diatasnya yang berguna sebagai penunjuk arah. Lalu beri nama instance name mc bola dengan nama "bola".Kemudian buatlah sebuah tombol reset, letakkan tom…

Membuat game flash matematika sederhana / how to make a simple math flash game